Senin, Februari 6, 2023

Pegiat Medsos Soroti Diksi Rektor UGM Soal Ijazah Jokowi

"Kenapa rektornya malah pakai diksi 'kami meyakini' soal keaslian ijazah“

Tribute Indonesia – Penggunaan diksi Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof Ova Emilia, mengenai keaslian ijazah Presiden Joko Widodo (Jokowi) disoroti sejumlah kalangan, termasuk pegiat media sosial (medsos).

Salah satunya adalah Darmansyah, pegiat medsos yang turut menyoroti diksi yang digunakan Rektor UGM itu. Menurut Darman, Prof Ova Emilia masih ragu-ragu dalam menilai keaslian ijazah Presiden Jokowi.

Pasalnya, Darman mengungkapkan, Prof Ova menggunakan diksi ‘meyakini’ dalam mengakui keaslian ijazah orang nomor satu di Indonesia itu. Menurut Darman, diksi yang digunakan Prof Ova seolah masih meragukan keaslian ijazah Presiden Jokowi. 

“Kenapa rektornya malah pakai diksi ‘kami meyakini’ soal keaslian ijazah,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Dengan diksi itu, Darman menduga, ada yang janggal dengan pernyataan Rektor UGM tersebut. Darman menyampaikan, sebagai seorang rektor kampus ternama di tahan air, harusnya Prof Ova Emilia menggunakan bahasa pasti perihal keaslian ijazah Presiden Jokowi. 

“Harusnya (gunakan diksi) kami pastikan atau kami tegaskan ijazah tersebut asli sesuai yang dikeluarkan,” ujarnya. 

Darman juga mempertanyakan penggunakan diksi tersebut. Menurutnya, kalau diksi ‘meyakini’ yang digunakan, kasus tudingan ijazah palsu ini akan selalu digoreng. 

“Makin panjang urusannya kalau rektor tak paham diksi,” katanya.

Latest news

Related news