Kodam Kasuari Bakal Miliki Instalasi Sel Tahanan Pomdam

“Kantor Subdenpom VIII/1-1 Manokwari dan pada tahun 2016 menjadi kantor Pomdam XVIII/Kasuari”

0
32
Peruntuhan bangunan lama Subdenpom Kodam XVIII/Kasuari di Manokwari, Papua Barat, Sabtu (24/7/2021). (Dok. Pendam XVIII/Kasuari)

Tribute Indonesia – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, memimpin prosesi acara pembangunan gedung baru piket Unit Pelayanan dan Pengaduan Polisi Militer (UP3M) dan Instalasi Tahanan Militer (Staltahmil) Pomdam XVIII/Kasuari di kantor bekas Subdenpom, Manokwari, Papua Barat, Sabtu (24/7/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan sebagai perwakilan pemerintah daerah sekaligus pihak yang membantu dalam pembangunan gedung tersebut.

UP3M merupakan tempat untuk pelayanan Polisi Militer secara terpadu terhadap laporan dan pengaduan masyarakat tentang oknum TNI yang berbuat tindak pidana. Sedangkan Staltahmil adalah fasilitas sel tahanan yang digunakan bagi prajurit TNI AD.

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, mengatakan bahwa selama ini gedung tersebut sudah ada, namun karena kondisinya sudah tua dan tidak layak serta terbatas maka perlu dibangun ulang demi kepentingan tugas.

“Kantor Pomdam XVIII/Kasuari dulunya adalah satuan Kodim 1703/Manokwari yang didirikan pada tahun 1962. Tahun 1999 dialihkan menjadi kantor Subdenpom VIII/1-1 Manokwari dan pada tahun 2016 menjadi kantor Pomdam XVIII/Kasuari,” katanya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (25/7/2021).

Cantiasa mengaku bersyukur, Pemprov Papua Barat melalui Gubernur dengan niat yang tulus dan ikhlas membantu pembangunan gedung tersebut yang merupakan bentuk dukungan dan sinergi Pemprov kepada TNI AD khususnya Kodam XVIII/Kasuari.

“Kami berterima kasih, Puji Tuhan hari ini Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Gubernur Drs. Dominggus Mandacan memberikan bantuan untuk membangun gedung piket UP3M dan instalasi tahanan militer Pomdam XVIII/Kasuari,” ungkapnya. 

Sementara itu, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, dalam sambutannya mengharapkan daerah Provinsi Papua Barat ini bisa maju dan berkembang salah satunya dengan kehadiran Kodam Kasuari.

“Dengan kehadiran Kodam ini juga selain mempercepat pembangunan di Papua Barat juga menjaga keamanan, ketertiban dan kedamaian masyarakat Papua Barat. Sehingga diharapkan kita bisa aman, rakyat hidup tenang dan bisa bekerja untuk membangun Papua Barat ini. Apa yang menjadi tanggung jawab kewenangan Pemerintah akan kita berikan support,” ujarnya. 

Selesai acara dilanjutkan peninjauan sketsel bagan piket Pomdam dan rencana Kolam Renang Kodam XVIII/Kasuari serta dilakukan peruntuhan bangunan lama. Selain itu juga dilaksanakan pembagian sembako kepada masyarakat yang berada di wilayah bekas Subdenpom.

Ikut dalam kegiatan tersebut, Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Djoko Andoko, para pejabat utama Kodam XVIII/Kasuari, Bupati Manokwari dan Kepala Dinas PU Papua Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here