Perjuangan Komedian Bang Bedul Lawan COVID-19

"Selama 13 hari kemarin saya merasakan sulit napas, tidur nyesak kalau rebahan“

0
17
Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp
Youtuber dan Komedian Bang Bedul. (Istimewa)

Tribute Indonesia – Kelangkaan tabung oksigen di pasaran semakin menjadi-jadi. Begitu juga harga tabung oksigen yang semakin mahal seiring lonjakan angka penularan COVID-19.

Youtuber Abdul Haris, yang akrab disapa Bang Bedul beberapa waktu lalu mengaku sulit mencari tabung oksigen setelah mengalami sesak napas pada malam hari. Ia ternyata positif COVID-19.

“Selama 13 hari kemarin saya merasakan sulit napas, tidur nyesak kalau rebahan (telentang), mau enggak mau tidurnya harus duduk,” ungkapnya kepada wartawan, Jakarta, Minggu (25/7/2021).

Esok harinya, pengusaha tenda ‘Kartenda’ di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, itu memutuskan pergi ke dokter. Bang Bedul sempat kesulitan mencari klinik maupun puskesmas yang bisa menangani pasien dengan cepat.

Dengan kondisi saturasi oksigennya di bawah 85, Bedul pun harus dibantu istrinya untuk menemukan puskesmas yang tidak begitu ramai.

“Udah muter ke mana-mana tetep aja (puskesmas) penuh. Bahkan cari tabung oksigen aja susah. Untungnya dapat puskesmas yang masih menyediakan tabung oksigen,” ujar pemilik jargon Iye Aja Dah itu.

Tabung oksigen sulit dicari sedangkan banyak orang mengantre di tempat pengisian oksigen di sekitar rumahnya. Host konten Pesan Santuy Bang Bedul (PSBB) itu hanya menginap semalam dan memutuskan pulang dengan meminjam tabung oksigen tetangga.

“Untungnya ada tetangga baik hati. Kalau (oksigen) habis, paginya anter ke tempat pengisian lalu sorenya diambil di daerah Joglo, Jakarta Barat. Setiap ngisi Rp15 ribu-Rp50 ribu per tabung,” katanya.

Bagaimana Bang Bedul bisa bertahan? 

Pria yang tergolong relijius itu mengklaim selama pandemi ini, Bang Bedul selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) mulai mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas. 

Menurut Bang Bedul, kunci agar tidak mengurangi imunitas tubuh yakni selalu berpikir positif dan selalu ingat kepada Sang Pencipta. “Takdir kehendak lain. Kita ikhlas. Yang penting banyak berzikir dan solawat,” ungkapnya. 

Meski kondisi tubuhnya sudah pulih dan tidak ada gejala sesak napas, dokter menganjurkan komedian berlogat Betawi itu untuk beristirahat. “Masih tahap pemulihan, minum vitamin, dan berjemur aja beres,” ujar Bang Bedul. 

Sedikit tambahan, istri tercinta Bang Bedul terpaksa ikut tertular. Beruntungnya mereka tidak menulari ketiga buah hatinya. Namun keduanya tetap saling menguatkan imunitas satu sama lain dengan cara yang tidak terduga, yakni dengan melakukan hubungan badan suami istri setiap malam.

Bedul menambahkan, jadwal syuting konten PSBB dengan sejumlah bintang tamu harus tertunda beberapa hari. Namun ia berjanji kepada penggemarnya akan kembali menghibur. “Kalo uda bae, kita mulai syuting lagi bareng Imo Si Jurnalis Muda,” kata Bang Bedul yang punya segudang banyolan itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here